DIDUGA DIHANTAM ANGIN PUTING BELIUNG BEBERAPA RUMAH DI CIANJUR AMBRUK




Cianjur, Jabar -  Angin puting beliung menghancurkan belasan rumah di Kampung Pasir Nangka RT 03/13 Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Salah seorang warga terdampak puting beliung, Maman (35) mengatakan, puting beliung terjadi begitu cepat pada Sabtu (26/10) malam. Sebelum hujan lebat terjadi, angin bertiup dan menghantam tempat tinggal Maman sebanyak dua kali. ”Sangat kencang, genteng dan atap rumah sampai jatuh dan ada yang terbawa angin. Saya sekeluarga bertahan diam di rumah waktu itu, karena takut juga kalau mau keluar rumah,” ujar Maman,

Setelah kondisi tersebut berlangsung, hujan lebat pun turun tidak lama kemudian. Maman spontan segera mematikan aliran listrik karena khawatir terjadi korsleting, saat air hujan masuk ke dalam rumah tak beratap itu. Bahkan, dirinya pun sengaja mengungsikan sejumlah anggota keluarganya ke rumah tetangga yang tidak terdampak bencana tersebut. Menurut dia, kejadian tersebut merupakan yang pertama kalinya terjadi. ”Sebelumnya tidak pernah ada, makanya kami juga kaget dan takut banget waktu kejadian. Akhirnya kondisi atap rusak kami diamkan semalam, dan baru bisa dibenarkan pagi hari,” ujarnya.

Kondisi serupa dialami pula oleh Ahmad (56) yang mengalami kerusakan sedikit lebih parah daripada Maman. Atap rumah dua lantainya hancur terbawa angin dan sejumlah reruntuhan menimpa bagian bawah rumah. ”Sekitar lima menit saja anginnya. Sempat ada suara gemuruh. Lalu ada angin hitam berputar di area rumah saya, begitu hilang langsung turun hujan,” ucapnya.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam musibah angin puting beliung itu. Namun kerugian ditaksir mencapai hingga puluhan juta rupiah.


AG

Posting Komentar

0 Komentar